Keindahan Bluefire di Kawah Ijen

Kawah gunung ijen,merupakan kawah danau terbesar di pulau jawa.kedalaman danau kurang lebih mencapai 200 m dengan tingkat keasaman air 0,5 ph dan menjadikan danau ini menjadi danau terasam di dunia.berbagai warna dan ukuran batu belerang dapat ditemukan didalam kawah ijen,menjadikannya dayatarik tersendiri.
Pemandangan menjadi sangat unik ketika dari celah celah tebing curam terlihat begitu banyak para penambang belerang yang naik turun di sela-sela lereng kawah.


Sekitar kurang lebih 100 orang membawa bebatuan kekuning-kuningan yang diatas pundaknya terlentang sebatang bambu dengan sejenis keranjang bambu yang dipenuhi puluhan kilogram belerang didalamnya yang tergantung disisi kanan kirinya. Beban yang dipikul memiliki berat yang beragam mulai 80 kg sampai dengan 120 Kg. tiap orang mondar-mandir, menggali belerang, naik turun, menuruni lereng beberapa kilometer sebelum beban dijual dipelelangan, dalam sehari dapat terkumpul belerang berkisar 6 sampai 7 ton. Itulah pemandangan alami kawah ijen kesehariannya.

Selain pemandangan kawah dan bebatuan belerang yang indah.Bluefire (Api biru) dimalam hari menjadi keistimewaan tersendiri.banyak wisatawan asing maupun lokal bermalam untuk menyaksikan bluefire.karena fenomana alam bluefire ini hanya ada di dua tempat di dunia ini.salah satunya dikawah ijen.
Salah satu fotografer dunia yang jatuh cinta pada keindahan Ijen di malam hari itu adalah Olivier Grunewald. Fotografer berkewenagaraan Perancis ini mengabadikan fenomena blue fire hingga proses pengelolaan belerang.


Berikut adalah foto – foto yang diabadikan oleh Olivier Grunewald.































photo by : Olivier Grunewald
Sumber photo : www.boston.com/bigpicture/2010/12/kawah_ijen_by_night.html.
No comments :

No comments :

Post a Comment

About Us | DMCA Policy | Privacy Policy | Contact Us | Sitemap